Pehcun(Bakcang dan Fenomena Telur Berdiri)


Pehcun jatuh pada setiap tanggal 5 bulan 5(Go Gwe Chue Go) penanggalan kalender Imlek setiap tahunnya.Mungkin bagi kamu yang sedikit tahu tentang tradisi Tiong Hoa pasti tahu dengan makanan yang menjadi simbol Pehcun,yaitu Bakcang.

Bakcang

image

Bakcang adalah makanan khas Pehcun yang terbuat dari beras ketan yang berisikan daging babi,jamur,dan rempah-rempah yang kemudian di bungkus daun bambu besar.

image

Konon sejarah bakcang ada karna pada zaman dahulu ada seorang menteri yang bernama Qu Yuan di negara Chu.Ia sangat berbakat dan setia pada negara dan rajanya.Namun ia tak di sukai oleh keluarga raja yang berujung pada pengusiran dirinya dari Negara Chu.Yuan pun khawatir dengan nasib negara Chu,karna frustasi ia pun bunuh diri dengan melompat ke dalam sungai Miluo pada bulan 5 tanggal 5.

Raja pun merasa bersalah dan memerintahkan semua orang mencari jenazah menteri di sungai Miluo.Namun mereka tak pernah bisa menemukan jenazah sang menteri.Kemudian Raja pun memerintahkan para rakyat membungkus makanan dan membuangnya di sungai Miluo agar ikan-ikan tidak mengganggu jenazah menteri.Kemudian makanan itupun di beri nama Bakcang yang artinya berisi daging.
Bakcang di sukai semua orang termasuk saya,namun saya tak suka makan terlalu banyak,karena membuat cepat mual.
Selain bakcang ada juga Qi cang,jika bakcang berisi daging maka qi cang hanyalah beras ketan kosong,tanpa isi apapun.Cara makannya yaitu dengan mengoleskannya dengan sari kaya atau gula.

Di hari Pehcun ini juga kami percaya mandi air yang terkena sinar matahari sebelum pukul 12 siang adalah air yang dapat membersihkan penyakit kita.
Maka di hari pehcun jangan heran banyak umat Tiong Hoa yang berenang di waktu siang hari.

Telur Berdiri

Selain Bakcang,ada juga hal yang menarik dari Pehcun yaitu telur yang bisa di tegakkan saat tengah hari.Tahun lalu saya lupa untuk mencoba fenomena ini.
Tetapi tidak dengan tahun ini,di tahun ini akhirnya saya berkesempatan mencobanya.Dengan adik perempuan saya,saya coba mendirikan telur itu sebelum pukul 12 siang.Namun telur susah di tegakkan,kami kemudian mencari tempat lain dan pada akhirnya telur berhasil kami tegakkan.

image

image

Menurut fenomena,di hari Pehcun ini rotasi bumi dan matahari sejajar sehingga kuning telur tertarik kebawah yang mengakibatkan telur bisa berdiri tegak.Namun itu sekedar teori saja,ada yang mengatakan di hari biasa telur bisa juga berdiri tegak seperti yang di tulis blogger Enigma ini.Tetapi saya belum pernah mencoba mendirikan telur di hari biasa.
Walaupun begitu,saya percaya kondisi di hari Pehcun itu memang bisa membuat sebuah telur lebih mudah di dirikan.Karena tadi ketila saya mencoba pukul 12 kurang 5 menit tidak sampai 1 menit saya sudah bisa mendirikan 1 butir,sedangkan adik perempuan saya berhasil mendirikan 2 butir.
Anda sudah mencoba?

image

Bila di daerah yang mendukung pasti sudah banyak yang berlomba perahu naga di lautan dekat dengan pantai-pantai untuk menyambut Hari Pehcun.Sayangnya di tempat saya tak ada lautan sehingga tidak pernah di adakan lomba perahu naga ini.
Namun saya tetap gembira menyambut hari Pehcun yang unik ini,karna hari ini kami keluarga besar bisa makan bersama dengan gembira pagi tadi.

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image

Remaja,Masa Terindah dalam Kehidupan..


Yang setuju dengan judul artikel di atas angkat tangan!
Saya yakin semua pasti setuju dengan judul artikel di atas.Atau apa ada yang tak setuju?Coba utarakan alasannya..
Masa remaja yang menurut saya berkisar antara 15-20an itu merupakan masa indah bagi saya dan mungkin seluruh manusia di permukaan bumi.Di masa-masa itulah kita di tanamkan berbagai pelajaran sosial dan kita telah belajar cara bersosialisasi yang baik.
Di masa-masa itulah kita mengecap rasanya bersekolah dan mengenakan seragam Putih Abu-abu yang menjadi pelabuhan pendidikan terakhir masa remaja.

image

Di sana jugalah kita memperoleh teman-teman seperjuangan dan di situlah kita merasakan indahnya hidup bersama teman seperjuangan.

Beberapa saat lalu saat para anak SMA Indonesia semuanya lagi gegap gembita merayakan kelulusan mereka menanggal kan seragam Putih Abu-abu.Dengan gembira mereka mencorat-coret seragam yang telah mereka kenakan selama kurang lebih 3 tahun.
Saya yakin setelah lewat beberapa bulan saat mereka telah bekerja atau telah kuliah pasti mereka akan merindukan masa-masa remaja mereka bersama Putih Abu-abu.Layaknya saya yang telah lulus tahun 2014 dulu,sekarang saya teramat sangat ingin kembali bersekolah di SMA dan bertemu dengan teman-teman seperjuangan saya.Andaikan waktu bisa di putar saya pasti akan memilih kembali ke masa-masa itu.
Memang,saat di sekolah kita juga menghadapi berbagai kesulitan seperti di hadapkan dengan pr,latihan dan ujian yang membuat pening kepala.
Tetapi bila kamu telah bekerja atau telah kuliah,kamu akan merasa tugas-tugas itu hanyalah berbentuk ujung kuku yang artinya sangat sepele.Saat kamu telah lulus,di sini tidak akan ada yang namanya main-main lagi.Karna saat-saat di sinilah seumur hidup kita telah berkutat dengan pekerjaan yang kita tekuni.
Kita tidak bisa bertemu dengan teman seperjuangan kita,tak ada lagi saat kita bisa sebebas saat bersekolah.
Saat kita bekerja,itulah kegiatan sehari-hari yang akan kita laksanakan seumur hidup.Di sinilah kita akan merasakan kerasnya dunia kerja.Bila di sekolah salah sekali atau dua kali bisa di toleransi,di dunia kerja mungkin salah sekali bisa di toleransi,tetapi jangan sampai salah dua kali,mautlah yang akan kamu dapatkan…

KESIMPULAN..

Seperti judul di atas Nikmatilah masa Remaja,karena masa-masa ini merupakan Masa TERINDAH di dalam kehidupan kita.Setelah kita lulus kita tidak akan bisa seperti ini lagi.
Tugas yang Guru-gurumu berikan itu tidak ada apa-apanya di bandingkan tugas yang kami angkat di dunia kerja.
Di masa Remaja inilah tempat terakhir kamu bisa bersenang-senang tanpa ada halangan berarti..

Nikmatilah Masa Remajamu,Masa-masa Paling Indah dalam Hidup

I Miss this Moment,Enjoy this moment guys..

image

Bike Racing 3D,Game Motocross Terbaik Android..


Selamat sore menjelang malam guyzz..

Pekanbaru lagi di guyur hujan habis-habisan nih guyz.
Sebenarnya cuacanya sudah mendung dari siang tadi,namun sialnya jam 5 sore tadi baru hujan turun dengan deras hingga sekarang.Akibatnya saya pun harus rela di guyur hujan karna hingga saya pulang kerja jam 5.30 tadu masih tetap hujan.
Tak apa-apalah,lumayan segar di guyur hujan..

Tetapi daripada segar di guyur hujan,mendingan segar main game di android kamu.
Iya kan?iya dong..
Kebetulan saya ada game yang bisa nyegerin kamu.
Khusus untuk penggemar motocross nih saya berikan Bike Racing.

image

Memang game ini bukan game balapan,tetapi game khusus memacu adrenalin dengan melewati berbagai rintangan yang cukup ekstrem..

image

image

Levelnya juga banyak yang tentunya di lengkapi dengan tantangan yang berat..
Kamu wajib mengumpulkan bintang yang banyak untuk ke tempat race selanjutnya..

image

Walaupun berukuran 14mb-an,jangan pandang rendah dengan grafik game ini.
Desain game ini sudah sangat bagus untuk game seukuran ini..
Gak percaya?
Lihat saja …

image

image

image

image

Bagaimana?
Bagus kan?
Memang gamenya di penuhi medan yang sulit,saya saja baru sampai level ke 15,itu pun sudah susah banget melewatinya…
Penasaran?Ayo download di playstore…
Uji kemampuanmu…

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image

Para Superhero di Abad 16!


Para penggemar Superhero pasti sangat jelas dengan kostum-kostum yang di pakai mereka.Semuanya sangat bagus,cocok dan elegan di pandang mata sesuai dengan tipe mereka masing-masing,terkecuali Hulk yang memakai celana sobek saja.
Iron Man misalnya,berpenampilan sangar dengan baju besi yang memukau dilengkapi berbagai peralatan canggih.
Namun apa kamu pernah terpikir apa jadinya jika Tokoh superhero yang memiliki penampilan-penampilan memukau ini lahir di abad-abad sebelumnya?
Apakah kostum mereka masih se’kren’ kostum saat ini.

Mungkin karna banyaknya pemikiran seperti ini membuat seorang fotografer dan seniman asal prancis,Sacha Goldberger membuat penampilan para superhero di abad 16.
Sacha butuh waktu 2 tahun,12 orang tata rias dan spesial efek, dan 5 desainer kostum untuk mempresentasikan karyanya di pameran fotografi bertajuk Super Flemish.
Penasaran?

Beginilah penampilan superhero di abad 16,kita mulai dari:

1.Captain America

image

Sangat kren kan penampilan Captain America di abad ini?
Dengan baju ketat yang mempertontonkan lekuk tubuhnya yang sukses membuat semua orang suka.Namun,jika di abad ke 16 ia akan berubah wujud menjadi seperti ini:

image

Bajunya terkesan hangat layaknya baju tidur.

2.Superman

image

Manusia dari planet super berpenampilan macho ini akan berubah menjadi….kalemmm…

image

Yang jelas ia masih tampan..

3.Wolverine

image

Walaupun di film jarang ada yang menampilkan kostum lengkap Wolverine,gambar di atas merupakan kostum asli Wolverine,ketat dan gagah pastinya.
Namun,di abad ke 16 kamu akan berkata lain..

image

4.Iron Man

image

Mungkin tokoh iron man ini yang paling kamu tunggu karna kostum Iron Man yang super canggih ini akan terlihat seperti apa di abad 16.
Apakah masih memukau?
Kita lihat bersama:

image

Dan Iron Man berubah menjadi bangsawan berkepala besi.
Namun setidaknya topengnya masih terlihat gagah..
Tetapi,di mana citra gagah perkasa Iron Man bila melesat di angkasa dengan kostum seperti itu?
Yang jadi pertanyaan,bagaimana senjata-senjata keluar dari kostum itu?
Masih bisakah ia disebut Iron Man?

5.Spiderman

image

Patut di akui kostum Spiderman ini merupakan kostum yang paling saya suka di antara para superhero,kostumnya sangat cocok dengan karakternya.
Namun,saya tidak bilang begitu jika Spiderman menjadi begini:

image

Seperti apa jadinya bila ia bergelantungan dengan kostum itu?

6.Hulk

image

Mungkin kalian agak terbiasa dengan kostum hulk di abad sekarang dan abad 16.Karna kostum Hulk hanyalah sebuah celana usang yang.Begitu juga di abad 16,tampilannya akan seperti ini:

image

Di tambah busana di leher,citra ganas Hulk langsung raib.

7.Batman

image

Gagah banget kostum yang di kenakan manusia kelelawar ini,super cocok dengan gayanya yang hebat dan kharisma hitam menyala.
Di abad ke 16,Batman juga tak kalah memukau:

image

Layaknya kaum bangsawan..
Sayangnya tidak di sertakan kendaraannya.

8.Cat Woman

image

Kurang rasanya bila tidak memasukkan karakter superhero wanita.
Di abad ini,Cat Woman tampil dengan kostum seksi namun tetap liar di depan mata.Namun di abad 16 Cat Woman akan berpenampilan layaknya putri Raja atau Bangsawan dan kepribadiannya terkesan kalem.

image

Okey,begitulah kira-kira penampilan superhero di abad ke 16.Yang ingin melihat lebih banyak silahkan kunjungi Dailymail.
Masih kren?
Menurut saya yang masih tetap kren ialah Captain Amerika dan Batman karena kedua superhero tersebut penampilannya tidak jauh berbeda dengan abad ini,masih kren.
Kamu suka yang mana?

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image

Finally,My Hair….


image

20 tahun ini alias dari awal saya lahir sampai sekarang belum pernah sekalipun kepala saya di pegang oleh orang lain.Maksud di pegang kepalanya di sini bukan di ketuk lho,tetapi di pangkas rambutnya.Yah,saya dari kecil sampai dewasa tak pernah sekalipun saya di pangkas rambut oleh orang lain.Selama ini Mama saya tercinta yang memangkas rambut saya.Namun,akhirnya hari ini terpaksa saya harus merelakan rambut saya di pangkas orang lain.Maklum saya sudah merantau ke kota Pekanbaru,sehingga mau tidak mau harus pergi ke tukang cukur.
Sewaktu di kampung dulu,setiap setengah bulan pasti Mama saya memangkas rambut saya karna rambut saya ini bergelombang dan mengembang(seperti brokoli).Akibatnya walaupun belum panjang rambut saya sudah terlihat tebal dan panjang karna mengembang.Setelah merantau ke kota,rambut saya sudah tidak di pangkas dari tanggal 15 maret kemarin.Hingga hari ini barulah saya memangkas rambut saya.Tak terbayangkan tuh sebulan lebih,apa jadinya rambut saya yang mengembang ini.Pastinya sudah hampir mirip brokoli,hahahaha…

Dan 1 lagi,saya paling tidak suka di pangkas orang lain.Mereka sering sulit mengikuti intruksi yang kita mau.Nanti kita di suruh jangan terlalu pendek,di guntingnya hingga pendek sangat.Seperti tadi,rambut saya sekarang jadi sangat pendek.Akibatnya muka saya makin tambah bulat,so,pangkas dengan orang lain itu sangat-sangat terpaksa….
Tapi gimana lagi,saya sudah bekerja,dan tak bisa di pangkas Mama lagi sementara ini..
Jadi rindu dengan gaya pangkas Mama  …

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image

Monday and Working..


Memang benar semua orang agak cendrung tak menyukai hari senin.Sudah sedari dulu fenomena ini menghinggapi kita semua.Baik yang sekolah maupun bekerja.Maklum,hari itu adalah di mulainya semua aktivitas setelah istirahat 1 hari kemarin.

Saya juga begitu,cendrung tak menyukai hari senin.Apalagi di tempat saya bekerja,hari paling sibuk ya hari senin.Karna di hari itulah pt saya mengirimkan berbagai orderan ke berbagai lokasi.Akibatnya dari pagi hingga sore harus berkutat dengan semua barang yang tentunya membosankan.Tadi pun saya yang normalnya pulang jam 5.30 jadi pulang hampir jam 6.Itupun tugas saya belum selesai benar,harus di sambung besoknya lagi.
Tiap hari senin rasanya nih badan tak mau bangkit dari kasur untuk siap-siap kerja.Terasa dulu waktu sekolah saya juga gitu.Di masa sekolah dulu saya selalu capek di hari senin dan berpikir enak sekali rasanya bila saya kerja.
Saya yakin 100% orang yang bilang begini akan berputar 180 derajat setelah ia bekerja.Justru di masa sekolah itulah adalah MASA TERINDAH DALAM HIDUP KITA.Memang di saat-saat itu kota capek dengan semua tugas yang di berikan.Tetapi coba pikirkan,tugas itu hanya sementara.Lain halnya dengan kerja,saat masuk ke dunia kerja,maka dunia indahmu akan terkikis.Kamu akan bekerja untuk Selamanya,tanpa henti.
Ingatlah di sekolah kita bisa bertemu dengan teman semua,bercanda mengobrol tanpa beban.Namun bila kamu sudah tamat,semua tak kan berlaku lagi.Untuk bertemu 1 teman mu pun akan sulit karna kita kerja,ia juga kerja.
Inilah yang saya rasakan sekarang,rasanya ingin sekali kembali ke masa Putih Abu-abu,masa terindah dalam hidup.

Kemudian,bagi yang tinggal di kampung pasti lebih terasa sedihnya di bandingkan yang tinggal di kota.Bagi yang tinggal di kampung pasti akan merantau ke kota setelah tamat karna pekerjaan di kampung kurang mapan.Otomatis kita akan terpisah dengan orang-orang yang kita kasihi,siapa lagi kalau bukan keluarga kita.Orang Tua kita dan adik beradik kita semua,kita akan merindukan masa ngobrol dengan mereka semua dan bergembira dengan mereka.
Saat kerja kita sudah tidak bisa begitu lagi,mau pulkam pun harus ada liburan panjang baru bisa.Itupun harus hari besar seperti hari raya dll..
Jadi kesimpulannya,Nikmatilah hari putih abu-abumu guyz,Masa itu adalah masa terindah di mana kamu bisa bebas bersama keluarga dan menikmati hari bersama teman tanpa beban…

Sayangi Putih Abu-abumu…

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image

First Work..


Halo guyz..

Udah lama banget nih saya gak update sama sekali.Maklum udah mulai rada malas,hahaha..
Apalagi mulai hari ini saya sudah masuk kerja.

Hihi,setelah sekian lama akhirnya saya kerja juga.Saya kerja di sebuah Pt kontraktor di Pekanbaru.Ajibnya baru hari minggu ke Pekanbaru,senin langsung antar surat lamaran dan keesokan harinya harus kerja langsung,haha..
Kerja ini di perkenalkan oleh adik paman saya.
Pertama kali bekerja tentunya saya rada gugup gitu,namun setelah beberapa jam lagi saya mulai terbiasa bahkan bosan karna banyaknya tugas yang di tinggalkan karyawan dahulu.
Masuk jam 8 lewat langsung di suguhi tugas yang menumpuk dari bulan februari,untungnya jam 12 istirahat 1 jam sehingga saya bisa pulang sebentar kerumah karna jarak kantor dekat.Jam 1 saya kembali masuk sampai pulang jam 5:30.
Sangat capek di hari pertama saya.
Dan besok akan mulai lagi,haha.

Oke deh,saatnya breaktime….hahahaha..

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image