Pehcun(Bakcang dan Fenomena Telur Berdiri)


Pehcun jatuh pada setiap tanggal 5 bulan 5(Go Gwe Chue Go) penanggalan kalender Imlek setiap tahunnya.Mungkin bagi kamu yang sedikit tahu tentang tradisi Tiong Hoa pasti tahu dengan makanan yang menjadi simbol Pehcun,yaitu Bakcang.

Bakcang

image

Bakcang adalah makanan khas Pehcun yang terbuat dari beras ketan yang berisikan daging babi,jamur,dan rempah-rempah yang kemudian di bungkus daun bambu besar.

image

Konon sejarah bakcang ada karna pada zaman dahulu ada seorang menteri yang bernama Qu Yuan di negara Chu.Ia sangat berbakat dan setia pada negara dan rajanya.Namun ia tak di sukai oleh keluarga raja yang berujung pada pengusiran dirinya dari Negara Chu.Yuan pun khawatir dengan nasib negara Chu,karna frustasi ia pun bunuh diri dengan melompat ke dalam sungai Miluo pada bulan 5 tanggal 5.

Raja pun merasa bersalah dan memerintahkan semua orang mencari jenazah menteri di sungai Miluo.Namun mereka tak pernah bisa menemukan jenazah sang menteri.Kemudian Raja pun memerintahkan para rakyat membungkus makanan dan membuangnya di sungai Miluo agar ikan-ikan tidak mengganggu jenazah menteri.Kemudian makanan itupun di beri nama Bakcang yang artinya berisi daging.
Bakcang di sukai semua orang termasuk saya,namun saya tak suka makan terlalu banyak,karena membuat cepat mual.
Selain bakcang ada juga Qi cang,jika bakcang berisi daging maka qi cang hanyalah beras ketan kosong,tanpa isi apapun.Cara makannya yaitu dengan mengoleskannya dengan sari kaya atau gula.

Di hari Pehcun ini juga kami percaya mandi air yang terkena sinar matahari sebelum pukul 12 siang adalah air yang dapat membersihkan penyakit kita.
Maka di hari pehcun jangan heran banyak umat Tiong Hoa yang berenang di waktu siang hari.

Telur Berdiri

Selain Bakcang,ada juga hal yang menarik dari Pehcun yaitu telur yang bisa di tegakkan saat tengah hari.Tahun lalu saya lupa untuk mencoba fenomena ini.
Tetapi tidak dengan tahun ini,di tahun ini akhirnya saya berkesempatan mencobanya.Dengan adik perempuan saya,saya coba mendirikan telur itu sebelum pukul 12 siang.Namun telur susah di tegakkan,kami kemudian mencari tempat lain dan pada akhirnya telur berhasil kami tegakkan.

image

image

Menurut fenomena,di hari Pehcun ini rotasi bumi dan matahari sejajar sehingga kuning telur tertarik kebawah yang mengakibatkan telur bisa berdiri tegak.Namun itu sekedar teori saja,ada yang mengatakan di hari biasa telur bisa juga berdiri tegak seperti yang di tulis blogger Enigma ini.Tetapi saya belum pernah mencoba mendirikan telur di hari biasa.
Walaupun begitu,saya percaya kondisi di hari Pehcun itu memang bisa membuat sebuah telur lebih mudah di dirikan.Karena tadi ketila saya mencoba pukul 12 kurang 5 menit tidak sampai 1 menit saya sudah bisa mendirikan 1 butir,sedangkan adik perempuan saya berhasil mendirikan 2 butir.
Anda sudah mencoba?

image

Bila di daerah yang mendukung pasti sudah banyak yang berlomba perahu naga di lautan dekat dengan pantai-pantai untuk menyambut Hari Pehcun.Sayangnya di tempat saya tak ada lautan sehingga tidak pernah di adakan lomba perahu naga ini.
Namun saya tetap gembira menyambut hari Pehcun yang unik ini,karna hari ini kami keluarga besar bisa makan bersama dengan gembira pagi tadi.

Add fb saya:Erit Kantoni
Follow twitter saya:erit07

image

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s