Immortal Jellyfish,Ubur-ubur yang dapat Hidup Abadi(Secara Biologis)


Banyak makhluk-makhluk di muka bumi ini yang masih tidak di ketahui manusia,terutama di dalam lautan.Lautan menyimpan berbagai fauna yang sangat menakjudkan kemampuannya,seperti kemampuan untuk hidup abadi secara biologis.

Hidup abadi?Mungkinkah?
Secara utuh,hal tersebut mungkin adalah hal yang sangat tidak masuk akal.Namun,secara biologis ada makhluk yang dapat hidup abadi,ialah Turritopsis Nutricula atau yang lebih di kenal dengan Immortal Jellyfish,sang Ubur-ubur abadi.

immortal jellyfish

1.Asal-usul dan Penyebaran

Nama ubur-ubur ini di berikan sesuai dengan kemampuannya,Immortal yang maksudnya abadi.
Immortal Jellyfish pertama kali di temukan di laut Mediterania pada tahun 1883.Namun,Immortal Jellyfish di yakini berasal dari laut Karibia.Ubur-ubur ini sering melekat pada kapal-kapal yang berlayar.Mungkin karna faktor inilah Immortal Jellyfish telah tersebar di berbagai negara seperti Spanyol,Itali dan Jepang.

2.Ciri-Ciri Immortal Jellyfish dan Kehidupannya

Immortal Jellyfish adalah ubur-ubur yang berukuran sangat kecil dengan diameter tubuh hanya 4,5 mm,tinggi tubuh juga hampir sama dengan diameternya.Tubuhnya mirip seperti lonceng,kulit tipis,pada bagian puncaknya terjadi penebalan, dan perutnya besar berwarna merah terang.

Immortal Jellyfish kecil memiliki 8 tentakel,sedangkan yang dewasa memiliki lebih kurang 80 tentakel.Umumnya Immortal Jellyfish banyak terdapat di lingkungan beriklim tropis.Ia memakan plankton sebagai makanan utamanya.

3.Siklus Kehidupan

Telur mula-mula akan disimpan dan berkembang di dalam gonad yang terletak di manubrium(perut) Ubur-ubur betina.Setelah matang,telur-telur akan di lepas kelaut lepas dan akan di buahi sel sperma dari ubur-ubur jantan.Pembuahan terjadi,hingga tiba waktunya telur akan menetas dan terbentuklah kumpulan polip atau ubur-ubur muda.

Pertumbuhan Immortal Jellyfish tergantung pada suhu lautan.
Misalnya jika suhunya 20 celcius,ubur-ubur akan mencapai tahap dewasa dalam jangka waktu 25-30 hari.
Dan jika suhunya 22 celcius,ubur-ubur akan mencapai tahap dewasa pada dalam waktu 18-22 hari.

4.Kemampuan Hidup Abadi

Inilah hal yang membuat ubur-ubur Immortal Jellyfish banyak di sorot para ilmuwan dan media,yaitu kemampuan hidup abadi.
Telah saya tulis di atas,Immortal Jellyfish di temukan pada tahun 1883,dan hingga pada tahun 1990-an kemampuan hidup abadi jenis ubur-ubur ini masih belum di ketahui.
Pada tahun 1996,para ilmuwan melakukan penelitian dan menemukan fakta menakjudkan dari Immortal Jellyfish,yaitu kemampuan hidup abadi secara biologis.

4.Cara Immortal Jellyfish Hidup Abadi

Penelitian yang dilakukan para ilmuwan berhasil mengungkapkan bahwa Immortal Jellyfish mampu kembali ke tahap Polip(ubur-ubur muda) ketika ia tua.Namun,proses ini hanya terjadi bila Immortal Jellyfish mencapai pematangan seksual.

Secara biologis,proses ini di namakan Transdiferensiasi,yaitu proses pembaruan sel-sel yang sudah tua(lama) kembali ke sel-sel muda(baru).Jadi,bila Immortal Jellyfish mencapai tahap tua,ia bisa kembali menjadi muda lagi.Proses ini bermula dari rusaknya tentakel dan sel-sel lama di permukaan kulit.Sel yang rusak akan kembali di perbarui dalam waktu yang sangat cepat.

Dan menariknya proses Transdiferensiasi ini akan terjadi terus menerus tanpa batas waktu dan jumlah.Inilah yang membuat Immortal Jellyfish mampu hidup abadi secara biologis.

5.Kesimpulan

Menakjudkan kemampuan Immortal Jellyfish ini kan?
Namun,memang benar kalimat yang menyatakan bahwa Tidak ada makhluk yang sempurna di dunia ini.Memang Immortal Jellyfish mampu hidup abadi secara biologis,akan tetapi itu tidak akan terjadi bila terjadinya faktor eksternal,yaitu faktor dari luar tubuhnya.
Kenyataannya Immortal Jellyfish sering terserang penyakit dan di makan oleh para predator sehingga mereka akan kehilangan kehidupannya.
Walaupun Immortal Jellyfish akan mati karna faktor eksternal,tetapi tetap menakjudkan karna ia memiliki kemampuan hidup abadi secara biologis yang tidak di miliki kita dan makhluk-makhluk lainnya.

Follow twitter saya: @erit07
Add Fb saya: Erit Kantoni

posted by erit kantoni

6 pemikiran pada “Immortal Jellyfish,Ubur-ubur yang dapat Hidup Abadi(Secara Biologis)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s