Petai dan Manfaatnya!


Petai by erit07

Apa kabar semuanya?
Sudah sangat lama saya tidak ngeblog yah,terakhir saya ngeblog pada hari minggu lalu(tanggal 6).Tetapi kalian jangan marah yah(siapa yang marah?),saya tidak ngeblog bukan berarti saya sedang santai-santai.Semenjak saya masuk sekolah jadwal saya padat jadinya.Belum lagi Pr alias pekerjaan yang guru berikan,banyak banget.Selain masalah sekolah,ponsel saya mengalami musibah yang turut membuat saya pusing.Kartu memori 2 Gb ponsel 5233 saya rusak gara-gara download kelamaan.Semua file tidak bisa di hapus(padahal udah coba menghapus dari x-plore),di format pun tidak bisa.Akhirnya dengan terpaksa saya pun membeli kartu memori baru dengan kapasitas yang sama 2 Gb.Hal-hal di ataslah yang membuat saya tidak sempat ngeblog.

Ups,jauh banget melenceng dari topik.Yuk tinggalkan curhatan di atas,kali ini saya akan membagikan sebuah artikel sederhana yang semoga bermanfaat bagi kalian:

Kalian semua pasti tahu Petai kan?Buah petai terkenal dengan baunya yang khas dan sangat menyengat.Saya yakin pasti kalian semua sudah mengetahui yang namanya petai itu.Di balik bau petai yang menyengat,petai itu sangat enak lho.Saya sangat suka memakan petai,di sambal atau di masak bersama kentang dan bilis(ikan teri).Di makan mentah-mentah juga enak,sayangnya bila makan petai mentah terlalu banyak lidah akan sangat nyeri sehingga saya lebih suka makan petai yang di masak.Selain itu,makan petai mentah akan lebih bau daripada memakan petai yang dimasak.
Dulu sewaktu mama pulang dari Pekanbaru,mama membeli beberapa kilo buah petai.Hampir tiap hari mama memasak petai yang tiap hari pula saya makan dan tidak pernah bosan.Hal yang perlu kalian garis bawahi,Jika kalian baru makan petai,hindari berbicara dekat dengan orang-orang karna mulut kalian pasti akan sangat bau yang akan membuat orang-orang terganggu.Dan satu lagi Janganlah buang angin(kentut) di ruang tutup setelah memakan petai apalagi didepan umum,pasti kalian akan di pukul atau di marah habis-habisan sama orang-orang,hahaha. .

Sebenarnya memakan petai yang berlebihan dapat menyebabkan kerusakan ginjal karna baunya yang sangat menyengat dan masih ada faktor lainnya(yang ingin tahu tanya mbah google saja ya).Tetapi bukan berarti petai tidak mempunyai manfaat lho,bahkan petai sangat banyak mengandung manfaat yang sangat menakjudkan.Ingin tahu manfaat petai?
Berikut ini adalah manfaat-manfaat petai bagi kalian yang memakannya:

Manfaat petai by erit07


Sumber Energi


Petai memiliki 3 macam zat gula yaitu sukrosa, fruktosa dan glukosa yang di gabung dengan serat yang akan memberikan energi dengan daya tahan cukup lama.Petai mampu memberikan tenaga yang cukup untuk melakukan aktivitas berat selama 90 menit.


Depresi/Stress

Petai mengandung tryptophan yaitu sejenis protein yang diubah tubuh menjadi serotonin yang akan membuat kamu lebih rileks dan bahagia.Jadi,kalau kamu sedang galau atau stress,perbanyaklah memakan petai ya.

Anemia


Petai mengandung zat besi yang tinggi dan dapat menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila kamu terkena anemia.

Mengatasi Tekanan Darah Tinggi


Petai sangat rendah garam sehingga sangat efektif untuk melawan tekanan darah.Karna manfaat ini,bahkan Negara Amerika di izinkan membuka perkebunan petai untuk melakukan penelitian tentang kemampuan petai menurunkan resiko tekanan darah.

Meningkatkan Kemampuan Otak


Petai banyak mengandung kandungan kalium tinggi yang sangat membantu meningkatkan kemampuan otak siswa.Ada buktinya lho,konon lebih kurang 200 siswa di Twickenham (Middlesex) lulus ujian dengan mudah karena mereka memakan petai pada saat sarapan,istirahat, dan makan siang.Tapi tentu harus di ikuti dengan belajar,jangan hanya makan petai saja.Jika kamu hanya makan petai tanpa belajar,tentu akan terjadi hal sebaliknya.

Mengatasi Sembelit


Petai mengandung kandungan serat yang tinggi yang akan membantu mempernormalkan sistem pencernaan kamu.

Obat mabuk

Jika kamu mabuk,Petai dapat membantu kamu dengan milkshake petai yang dicampurkan dengan madu.Petai menenangkan perut dan dengan bantuan madu akan meningkatkan kadar gula darah yang jatuh sedangkan susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh sehingga dapat mengurangi gejala mabuk.Tapi kalau bisa jangan sampai kamu mabuk yah!

Obat Gigitan Nyamuk

Ketika kamu di gigit nyamuk,gosok kulit kamu dengan bagian dalam kulit Petai.Banyak yang mengatakan bahwa cara ini sangat efektif mengatasi rasa gatal yang di timbulkan nyamuk.

Untuk Menenangkan Sistem Saraf

Hasil penelitian menyatakan bahwa Petai banyak mengandung vitamin V yang akan membantu kamu menenangkan sistem saraf.

Mengatasi Luka Lambung

Petai juga mampu menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung sehingga lambung tidak akan mudah terluka.


Membantu Para Perokok
Yang ingin Berhenti Merokok


Dengan kandungan Vitamin B6,B12,kalium dan magnesium,Petai akan membantu tubuh cepat sembuh dari efek kecanduan rokok(nikotin).Maka,bagi kamu yang perokok,makanlah petai banyak-banyak bila ingin berhenti.Kalau saya sih gak merokok.

Mengatasi Stroke


Menurut penelian dalam “The New England Journal of Medicine,petai dapat mengurangi resiko kematian karena stroke sampai 40% lho.

* * *

Tidak di sangka kan,petai dapat mempunyai manfaat sebanyak itu.Bahkan jika dibandingkan dengan buah apel,petai memiliki protein 4 kali lebih banyak,karbohidrat dua kali lebih banyak,tiga kali lipat fosfor,lima kali lipat Vitamin A dan zat besi,dan dua kali lipat jumlah vitamin dan mineral lainnya.Benar-benar luar biasa yah,setiap tanaman yang Tuhan ciptakan pasti ada manfaatnya.Jadi jangan sangka petai yang baunya agak kurang disukai itu tidak ada manfaatnya lho.Setelah baca manfaat petai di atas,maka makanlah petai karna selain rasanya yang enak,juga sangat banyak mengandung manfaat yang menyehatkan.

Teman-teman semua,Apakah kalian suka mengkonsumsi Petai?
Jika suka,kalian suka makan petai yang mentah atau petai yang sudah di masak?

Nb:Manfaat petai di kutip dari berbagai sumber

Follow twitter saya: @erit07
Add Fb saya: Erit Kantoni

https://i2.wp.com/erit95.hexat.com/images/Posted%20by%20Erit%20Kantoni.ttf

44 pemikiran pada “Petai dan Manfaatnya!

  1. baru tahu deh bisa mengatasi gigitan nyamuk juga😀

    kalau aku gak suka sama petai, lagian di rumah juga gak pernah masak petai seh, jadi gak pernah terpapar gitu deh🙂

  2. ternyata petai bnyak manfaatnya ,

    Ya namanya sekolah pasti banyak tugasnya brow,lau gak mau punya tugas di sekolah bolos aja key ane wkwkwkwk

    ”Jangan di contoh”

  3. gan mau nanya nih!!

    Ko blog ane lau di cri di search google gak ketemu

    G mana caranya mengatur wordpress ane biar kediteksi ama si mbak google?

    • gak payah di atur bro. .
      Karna blogmu masih baru,jadi belum terdeteksi oleh google. .
      Beberapa hari lagi pasti bisa terdeteksi,kayak blog g ini. .

  4. bisa nanya gak gan?

    Ko blog ane lau di cri di search google gak ketemu

    G mana caranya mengatur wordpress ane biar kediteksi ama si mbak google?

    • bisa,haha. .

      gak payah di atur bro. .
      Karna blogmu masih baru,jadi belum terdeteksi oleh google. .
      Beberapa hari lagi pasti bisa terdeteksi,kayak blog g ini. .

  5. Saya suka petai. Kalo musimnya sudah tiba, pasti lah selalu ada petai kalo makan. Dimakan mentah, direbus ato di georeng sama nikmatnya.
    Kalo musim petai sudah lewat, pindah deh ke jengkol. Suka juga…
    Gini nih kalo secara saya orang sunda. Petai dan jengkol amat akrab dg lidah.
    Lha ini banyak juga ya manfaatnya si petai ini. Jadi tambah cinta deh sama petai walaupun bikin bau wc sehabis kencing…
    Salam dari jauh,

Tinggalkan Balasan

