Sulitnya Menurunkan Berat Badan!!


Gemuk betul by erit07

Nakk,badanmu kok kayak semangka gini sih??

Gemuk,hanya sebuah kata tapi saya tidak tahu bagaimana cara yang tepat untuk mengatasinya.Gemuk alias kelebihan lemak adalah masalah utama saya sekarang ini.Tiap bertemu sanak-saudara di Pekanbaru pasti bakalan di beri satu ungkapan:
“Hah,kok tambah gemuk Rit?”.
Yap,itulah ungkapan yang sering di ungkapkan sanak saudara saya bila lama tidak bertemu.Sebetulnya saya gak gemuk banget kok,berat saya 80 kg aja(hah?Itu bilang gak gemuk?Kalau 80 kg gak gemuk Yang kurus berapa kg?).Gemuk adalah masalah besar dalam hidup saya.Tiap mau narsis di depan kamera pasti malas mengingat body saya yang kelebihan bobot ini.Tiap mau Imlek pasti mama saya repot,tau kenapa?Mama saya repot karna cemas bila pakaian yang di beli tidak cocok dengan badan saya.Gara-gara ini saya gak bisa memakai pakaian tren remaja sekarang,yang bisa saya pakai hanya kameja model lama saja(so sad).Saya sering iri dengan abang dan adik saya yang bisa memakai pakaian model-model yang sangat kren.

Badan gemuk juga sangat mudah lelah.Saya bila berlari sekitar 100 meter saja pasti udah ngos-ngosan kayak ayam yang gak mati di sembelih(sebenarnya gak kayak gitu juga sih).Pelajaran Penjaskes di sekolah yang disuruh marathon(alias meraton) pasti saya yang paling cepat lelah,selain faktor gemuk,kedua otot betis saya sangat cepat tegang sehingga ketika berlari sangatlah sakit.Badan gemuk juga membuat saya tidak PD(percaya dodol diri) saat mendekati cewek karna kebanyakan cewek menyukai cowok yang bodynya berisi(Berisi di sini bukan maksudnya kelebihan lemak lho).

Sebenarnya saya tidak alami dari kecil sudah gemuk lho.Waktu SD kelas 2 atau 3 itu adalah masa di mana badan saya kurusss banget.Waktu itu orang-orang menyangka saya dan adik laki-laki(yang terkurus di keluarga saya) adalah kembar.Awal saya gemuk sekitar pada saat kelas 4 SD,pada masa itu dalam waktu sehari saya makan hingga 6-8 kali sehari,benar-benar gawattttt(saking gawatnya “T” nya ada 5 tuh).Waktu setiap makan,lalu saat lewat 1 setengah jam perut saya kembali lapar,lalu saya pun makan lagi.Mama saya kaget melihat saya begitu cepat lapar.Saya sempat dicegah,tetapi karna lapar terpaksa juga saya makan lagi.Nah di awal itulah badan saya mulai gemuk.Hingga sekarang ini badan saya pun jadi gembrot dengan bobot 80 kg.

Sebenarnya saya telah berusaha keras menurunkan berat badan saya.Sehari-hari pun saya gak terlalu kuat makan,bahkan bisa di bilang saya kekurangan.Pagi sewaktu sarapan saya hanya minum kopi dan biskuit,kadang mama memasak mie sedikit untuk mengganjal perut.Disekolah pun saya jarang jajan,saya sering merasa kelaparan tiap berada disekolah karna sarapan hanya sedikit.Saya sarapan sekitar jam 06:30,sarapan mungkin hanya bertahan hingga jam 09:00.Selanjutnya saya merasa lapar hingga jam pulang yaitu pada jam 13:45.Pulang sekolah saya makan sekali,kemudian malamnya sekali.Mengenai porsi makan saya pun biasa-biasa saja sama seperti umumnya.Bahkan ada satu teman saya yang badannya kurus tapi makannya tuh memang astaganagadilangit.Orangnya kurus,tetapi sekali makan porsi nasinya sampai lancip di atas piring.Itu pun kadang dia bilang belum kenyang,saya jadi heran sama dia,seberapa besar lambungnya yah?Apa besarnya kayak lambung sapi?Dan satu lagi yang buat saya makin heran sama dia,dia itu gak gemuk-gemuk walaupun makannya lancip kayak gitu.Andai saja saya bisa jadi kayak dia!

Lha,kok saya jadi omongin teman saya.Kita kembali ke permasalahan saya.
Sebenarnya saya telah berolahraga untuk menguruskan badan saya.Hampir setiap sore sekitar jam 16:00 saya pergi bermain badminton di rumah teman saya.Main dari jam 16:00 hingga jam 18:00,kadang jika sedang gila-gilanya saya pernah main hingga jam 20:00 malam.Mama saya pun heran melihat saya,makan tidak seberapa di tambah berolahraga tetapi badan tetap gembrot.Jangankan mama saya,saya sendiri heran melihat badan saya yang gembrot ini.
Asyiknya bila badan saya kurus.Segala sesuatu pasti senang dilakukan,tidak ngos-ngosan lagi saat berlari,bisa narsis terus di depan kamera,dan PD saat mendekati cewek.

Akhir kata sobat semua:
Ada yang bisa kasih solusi untuk menuruni berat badan?

Follow twitter saya: @erit07
Add Fb saya: Erit Kantoni

https://i2.wp.com/erit95.hexat.com/images/Posted%20by%20Erit%20Kantoni.ttf

28 pemikiran pada “Sulitnya Menurunkan Berat Badan!!

  1. Hai Erit!
    Aku dulu juga kaya temenmu itu, makan banyak, bolak balik, tapi tetep kurus aja.
    Sekarang aku gendutπŸ™‚

    temenku ada yang berhasil diet, dia follow twit nya ade rai….. ini tak kasi linknya http://widyaross.blogspot.com/
    kalau menurutku sih, jangan malah gak sarapan….karena sarapan itu sumber energi buat beraktivitas.
    Good luck buat dietnya ya!

    trus, ada temenku lagi……menurut pengakuan temannya, yang dietnya sukses juga, dia konsisten makan apel + teh hijau di pagi hari mungkin sejam lha sebelum sarapan, menghindari gorengan, perbanyak serat dan gak menyusahkan pencernaan, misalnya kesalahanku saat ini adalah suka minum es apalagi setelah makan yang berlemak

    trus ada lagi yang konsisten minum perasan jeruk nipis sejam sebelum sarapan

    jangan kawatir Erit, cewek gak hanya liat body…..suamiku gendut dari kami pertama kenal, tapi aku nyaman2 aja sama diaπŸ™‚

    • haha. .
      Mungkin temanku itu lama” gemuk juga!

      Wah,enaknya teman mbak bisa jdi kurus. .
      Yah mbak,sarapan itu memang penting. .
      Tq dukungannya yah. .

      Wah apel yah,sulit dibeli di sini . .
      Yah mbak,gorengan patut dihindari. .

      Wah kalau jeruk nipis takutnya bisa sakit perut nantinya bila rutin minum tiap hari. .

      Haha. .
      Gitu yah. .
      Jadi suami mbak gemuk juga toh. .

      Btw,makasih mbak dah berkunjung dan kasih tips panjang” gini. .

    • aku juga gemuk setelah sakit lambung bang. bobotku yg tdnya 55kg. jd 70 kg. gara2 naik 15kg. tp bawa santai aja bang. yg pnting ttep sehat

  2. wah … rasanya tiap org beda beda ya cara dietnya, mungkin diet yg satu bagus dan berhasil buat seseorang tapi buat org yg lain enggak

    semoga segera ketemu diet yg cocok buat kamu ya

  3. sebenarnya yang penting sehat. tapi untuk beberapa orang bentuk badan memang berhubungan dengan kepercayaan diri. kebalikan dari erit, aku tuh kurus bangettt…susahnya mau naikin BB.berat badan gak pernah nambah bertahun-tahun. segala cara juga sudah dilakukan. jadi sekarang lebih pasrah aja, hehee

    satu hal yang perlu jadi catatan. sebisa mungkin kurangi beban untuk terlalu memikirkan kapan jadi kurus/gemuk. pikiran2 seperti itu justru sering mematahkan semangat. jalani saja dan positive thingking bahwa nanti juga akan tiba waktunya usaha kerasmu berhasil. Salam..πŸ™‚

  4. samaaaa broo..😦😦😦
    aku dulu bobotnya sekitar 55-58an lah,, TB 160 cm😦
    gara2 aku fitness buad nurunin berat badan, sekarang jadi 86.. hiks,, (buad fitnes malah naik, bukan malah turun)
    menanggung berat segitu mulai dr tahun 2007
    sudah banyak cara juga yang aku pake tp ttp ggal..πŸ˜€πŸ˜€
    tp akirnya aku pede juga lah, karena ud terbiasa dengan bobot 86 kg,, pacar q skg gak mempermasalahkan ttg berat badan tuh,cuman kalo jalan sring ga PD,, hhaaa .. dia masih SMA dan badannya rampiiiing bgd, kita jadi kaya angka 10.. … tp main poin nya ,, cewe itu ngga lihat fisik koq,,πŸ™‚
    usaha itu kalau kita ngejalaninnya terpaksa, hasilnya gak bagus,,
    skg ak lagi coba cara yang instan, cz kalau diet nahan makan aja ajah ngga cukup,, ini ak mau pake cara diet hypnotherapy, digabung sama akupuntur (yang tusuk jarum itu loh, namanya apa ngga tau sya,,πŸ˜€ ) sama diet makanan + jamu herbal,, tp masi nunggu budget ngumpul dolo..πŸ˜€
    penjelasannya.. :
    1. kita diet nahan makan itu karena terpaksa, cz kita memerintah seluruh angguta badan buat berhenti makan saat2 tertentu.. padahal saat itu kita pengen,,,
    nah, karena otak kita menerima perintah “paksaan” yang terjadi adalah balas dendan pada suatu saat,, (biasanya saat lebaran, imlek, atau hari besar kumpul keluarga kita habisin makanan seadanya karena balas dendam itu td) ingat bro,, otak manusia itu kompleks, yang mana SEMAKIN DILARANG SEMAKIN INGIN MELAKUKAN… gt. nah itu gunanya hypnotherapy diet,, otak kita di set dg hypnotherapy supaya MEMAKAN SEDIKIT MAKANAN DAN MENGHINDARI MAKANAN BERLEMAk KESUKAAN itu menjadi sistem kordinasi diotak,,, jadi otak akan memerintah sistem syaraf motorik supaya tidak makan BANYAK,, dan karena itu otak tidak akan mengirim sinyal LAPER ke kita,, laper gak laper itu masalah perintah otak kok bukan masalah kapasitas lambung..πŸ™‚
    2. seperti teman km, yang makan banyak trapi gak gemuk2, saya yng maka dikit aja langsung membengkak,, contoh ynag menyiksa, adek saya serumah jg kaya gt, makan buanyak 2-3x porsi saya tp ttep kurus,, ah ngga adil..πŸ˜€
    tp setelah tanya2 ternyata itu cuman masalah sistem .. apa yah istilahnya , lupa saya, metabolisme atau pencernaan klu ngga salah,, itu,, ((maav ya kalo penjelasannya aga ruwet, cz saya juga bukan pakarnya, dn juga sama2 belajar))
    jadi kita “kaum JellyBelly” metabolismenya emang menyerap semua lemak dn karbohidrat scr maksimal,, jd di pup kita emng tinggal ampas doang,, nah kalo yang temen sama adek q itu yang diserap dikit sisanya ke pembuangan,, di pup nya masih ada karbohidrat nya,,, coba aja klo blum yakin,, hhii,, piss juzkidd.. gt,,
    nah itu gunanya AKUPUNTUR (yang tusuk jarum itu bukan pijat)
    gunanya buat menata metabolisme, supaya si lambung sama usus nakal ngga rakus nyerap lemak sama karbo,, tanya aja sama tukang akupunturnya “minta akupuntur diet yang buat meminimal kan penyerapan karbohidrat dan lemak” pasti sinsei nya paham dan tahu caranya,,πŸ™‚
    gt,,
    3. diet sama jamu herbal gunanya buat supaya mempercepat mengecilkan lambung sama membuang lemak, percuma diet klu lemak ngga dibuang maksimal walau dengan olahraga,, kalu perut kecil, kapasitas makan kita kan juga semakin berkurang..πŸ™‚
    makanan yang bisa buat ngecilin badan,, sayuran hijau, tahu mentah, seledri, kalau suruh pilih makan daging atau nasi pilihlah daging, bawang, jeruk , apel, jangan makan yang berkarbohidrat, jangan minum air banyak2, jangan minum es, jangan kebanyakan tidur atau begadang, makan gak boleh malem 4 jam sebelum tidur karena kalorinya numpuk pas tidur, olahraga renang, makan banyak boleh asal jangan gula, karbohidrat, makan gorengan, itu, teh hijau tanpa gula, olahraga jangan di forsir, secukupnya saja, tp kalau menggabungkan 3 alternatif tad saya yakin kok diet kita berhasil..πŸ™‚
    itu yang bisa saya share kan,, yang terpenting adanya dukungan dari orang terdekat dan orang terkasih itu sudah merupakan amunisi yang berarti buah memerangi obesitas..πŸ™‚πŸ™‚
    # saya ini juga dalam tahap itu,, masih memulai, jadi belum ada hasilnya..πŸ™‚

  5. ceritanya samaaaa broo.. seperti saya juga..😦😦😦
    aku dulu bobotnya sekitar 55-58an lah,, TB 160 cm😦
    gara2 aku fitness buad nurunin berat badan, sekarang jadi 86.. hiks,, (buad fitnes malah naik, bukan malah turun)
    menanggung berat segitu mulai dr tahun 2007
    sudah banyak cara juga yang aku pake tp ttp ggal..πŸ˜€πŸ˜€
    tp akirnya aku pede juga lah, karena ud terbiasa dengan bobot 86 kg,, pacar q skg gak mempermasalahkan ttg berat badan tuh,cuman kalo jalan sring ga PD,, hhaaa .. dia masih SMA dan badannya rampiiiing bgd, kita jadi kaya angka 10.. … tp main poin nya ,, cewe itu ngga lihat fisik koq,,πŸ™‚
    usaha itu kalau kita ngejalaninnya terpaksa, hasilnya gak bagus,,
    skg ak lagi coba cara yang instan, cz kalau diet nahan makan aja ajah ngga cukup,, ini ak mau pake cara diet hypnotherapy, digabung sama akupuntur (yang tusuk jarum itu loh, namanya apa ngga tau sya,,πŸ˜€ ) sama diet makanan + jamu herbal,, tp masi nunggu budget ngumpul dolo..πŸ˜€
    penjelasannya.. :
    1. kita diet nahan makan itu karena terpaksa, cz kita memerintah seluruh angguta badan buat berhenti makan saat2 tertentu.. padahal saat itu kita pengen,,,
    nah, karena otak kita menerima perintah “paksaan” yang terjadi adalah balas dendan pada suatu saat,, (biasanya saat lebaran, imlek, atau hari besar kumpul keluarga kita habisin makanan seadanya karena balas dendam itu td) ingat bro,, otak manusia itu kompleks, yang mana SEMAKIN DILARANG SEMAKIN INGIN MELAKUKAN… gt. nah itu gunanya hypnotherapy diet,, otak kita di set dg hypnotherapy supaya MEMAKAN SEDIKIT MAKANAN DAN MENGHINDARI MAKANAN BERLEMAk KESUKAAN itu menjadi sistem kordinasi diotak,,, jadi otak akan memerintah sistem syaraf motorik supaya tidak makan BANYAK,, dan karena itu otak tidak akan mengirim sinyal LAPER ke kita,, laper gak laper itu masalah perintah otak kok bukan masalah kapasitas lambung..πŸ™‚
    2. seperti teman km, yang makan banyak trapi gak gemuk2, saya yng maka dikit aja langsung membengkak,, contoh ynag menyiksa, adek saya serumah jg kaya gt, makan buanyak 2-3x porsi saya tp ttep kurus,, ah ngga adil..πŸ˜€
    tp setelah tanya2 ternyata itu cuman masalah sistem .. apa yah istilahnya , lupa saya, metabolisme atau pencernaan klu ngga salah,, itu,, ((maav ya kalo penjelasannya aga ruwet, cz saya juga bukan pakarnya, dn juga sama2 belajar))
    jadi kita “kaum JellyBelly” metabolismenya emang menyerap semua lemak dn karbohidrat scr maksimal,, jd di pup kita emng tinggal ampas doang,, nah kalo yang temen sama adek q itu yang diserap dikit sisanya ke pembuangan,, di pup nya masih ada karbohidrat nya,,, coba aja klo blum yakin,, hhii,, piss juzkidd.. gt,,
    nah itu gunanya AKUPUNTUR (yang tusuk jarum itu bukan pijat)
    gunanya buat menata metabolisme, supaya si lambung sama usus nakal ngga rakus nyerap lemak sama karbo,, tanya aja sama tukang akupunturnya “minta akupuntur diet yang buat meminimal kan penyerapan karbohidrat dan lemak” pasti sinsei nya paham dan tahu caranya,,πŸ™‚
    gt,,
    3. diet sama jamu herbal gunanya buat supaya mempercepat mengecilkan lambung sama membuang lemak, percuma diet klu lemak ngga dibuang maksimal walau dengan olahraga,, kalu perut kecil, kapasitas makan kita kan juga semakin berkurang..πŸ™‚
    makanan yang bisa buat ngecilin badan,, sayuran hijau, tahu mentah, seledri, kalau suruh pilih makan daging atau nasi pilihlah daging, bawang, jeruk , apel, jangan makan yang berkarbohidrat, jangan minum air banyak2, jangan minum es, jangan kebanyakan tidur atau begadang, makan gak boleh malem 4 jam sebelum tidur karena kalorinya numpuk pas tidur, olahraga renang, makan banyak boleh asal jangan gula, karbohidrat, makan gorengan, itu, teh hijau tanpa gula, olahraga jangan di forsir, secukupnya saja, tp kalau menggabungkan 3 alternatif tad saya yakin kok diet kita berhasil..πŸ™‚
    itu yang bisa saya share kan,, yang terpenting adanya dukungan dari orang terdekat dan orang terkasih itu sudah merupakan amunisi yang berarti buah memerangi obesitas..πŸ™‚πŸ™‚
    # saya ini juga dalam tahap itu,, masih memulai, jadi belum ada hasilnya..πŸ™‚

    • kok fitness bisa gemuk bang?

      Haha,saya jga heran sama teman sya yg gak gemuk-gemuk. .

      Btw,tips dietnya boleh saya cba nantinya. .
      Makasih atas sarannya yang panjang ini!

  6. tenang Rit, saya 90an malah!πŸ˜† (dalam hati:πŸ˜₯ )
    saya juga gak kuat olahraga. tulang saya lemah. saya udah nyoba ngurangin makan tapi gak bisa konsisten. saya malah pengen nyoba hot gel yang di tv2 itu.πŸ˜› *bener2 males olahraga*

  7. buat erit > iyah bro, sama sama,,πŸ™‚ karena fitness bisa memperbesar massa otot,, jadi kalau kita berhenti fitness, massa otot tsb akan diisi lemak, juga gangguan yang sering terjadi, setelah berhenti fitness kita jadi sering laper..😦

  8. ILHAM : bagi bagi infonya dong tentang HotGel nya..πŸ™‚πŸ™‚
    itu gmn cara kerjanya dan itu hotgel apaan,,πŸ™‚
    trus musti beli dimana???
    trimakasih atas penjelasannya nanti..πŸ™‚

  9. haii,,,
    Aku clara,,,
    Q jg sama kk kamu,,,tp gk smpe,,,80 cuma 58 doank kok,,,pdahal Q dlu jg kurus,,,
    Tpi skarang berat badan Q Jdi 46KG,,,,
    Q Cuma ngelakuin joging tiap pagi,senam,,,sama yg pling pnting Q minum air daun sirih yg di rebus,,,?
    Oea,,,daun sirih jg bgus buat ibu2 yh bru lahiran,,dan mau kurus.

  10. Hai semua …permisi gan.
    Masih bingung dengan kulit yang bopeng bekas jerawat atau luka, pori besar, tekstur kulit tidak rata, dll .. bikin gak Pede aja , smua org liatain , nanyain , ada yang iba bahkan ada yg kasak kusuk sama liatin dengan aneh karena bopengnya terlalu mencolok. Mau menghilangkan dengan laser Muahal nya minta ampun, pake dermaroller ngeri liat jarum-jarum nya, mana sakit lagi.. kl didiemin Kapaaaannn sembuhnyaa …

    kunjungi: http://www.grosirglucogen.org

Tinggalkan Balasan

